Penyebab Terjadinya Sakit Gigi Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Terjadinya Sakit Gigi Dan Cara Mengobatinya

 
Penyebab Terjadinya Sakit Gigi

Penyebab Terjadinya Sakit Gigi Dan Cara Mengobatinya - Sakit gigi merupan penyakit yang menyiksa. Orang yang menderita sakit gigi merasakan sakit yang luar biasa. Sakit gigi dapat menimpa siapa saja mulai dari remaja, orang dewasa, bahkan anak-anakpun sekarang ini banyak yang menderita sakit gigi.

Yang paling umum sakit gigi terjadi akibat kurang memperhatikan kebersihan gigi. Selain itu faktor makanan juga dapat menyebabkan sakit gigi. Memakan makanan yang terlalu panas atau meminum minuman terlalu dingin dapat menyebabkan gigi ngilu.

Penyebab Sakit Gigi


1.    Salah Dalam Menyikat Gigi
Penyebab sakit gigi yang pertama yaitu kurang tepatnya menyikat gigi sehingga menyebabkan sakit gusi. Akar gigi akan terbuka dan membuat gigi menjadi sensitif terhadap makana atau minuman yang panas, dingin, dan asam. Meminum minuman yang asam membuat akar gigi lebih mengikis.

2.    Kerusakan Pada Gigi
Yang paling sering terjadinya sakit gigi disebabkan kerusakan pada gigi. Rongga kecil yang terjadi pada lapisan luar gigi biasanya tidak terasa sakit. Ketika rongga tersebut berubah menjadi dalam dan menembus email gigi sampai pada lapisan dalam gigi, hal ini akan membuat gigi sangat sensitif. Selanjutnya pembusukan gigi berlubang terus menuju kedalam sampai pada lapisan terdalam yaitu pulpa. Pada tahapan ini anda akan merasakan sakit yang luar biasa yaitu sakit gigi menjagi parah dan rasa nyeri yang sangat menusuk.

Sakit gigi berlubang yang parah seperti ini dapat menyebabkan kematian pada jaringan pulpa sehingga menyebabkan keluar nanah dari akar gigi.

3.    Sakit Pada Gusi
Infeksi pada gusi dapat menyebabkan peradanga pada jaringan gusi dan tulang yang menyebabkan terjadinya pembengkakan, hilanngnya tulang disekitar gigi dan terasa nyeri.

4.    Terjadinya Kecelakaan Bisa Membuat Gigi Menjadi Retak Atau Rusak
Kecalakaan merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit gigi. Kecelakaan yang mengakibatkan gigi anda retak dapat terlihat dalam jangka waktu yang panjang. Keretakan yang menyebabkan garis fraktur berjalan melalui saraf pada gigi akan membuat gigi menjadi sakit parah. Walaupun retakan tidak dalam, plak dan bakteri dapat terakumulasi dalam retak dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

5.    Sindrom Gigi Retak
Yang disebut sindrom gigi retak adalah celah tersembunyi dari gigi yang sangat kecil bisa jadi sinar-X saja tidak bisa mengetahui. Hal ini bisa terjadi karena melemahnya tambalan pada gigi, terjadinya cedera pada gigi dan lain sebagainya. Keretakan gigi tersebut menimbulkan rasa sakit yang parah ketika anda gunakan untuk mengunyah.
.
6.    Gigi Grinding
Gigi grinding (Brukism) ini mengikis gigi anda sehingga menyebabkan rasa sakit tidak hanya pada gigi, tetapi juga dalam sendi rahang dan otot.

7.    Tumbuhnya Gigi Bungsu
Jika gigi bungsu tumbuh dan tidak ada cukup ruang atau tidak bisa tumbuh secara sempurna melalui garis gusi hal seperni ini biasanya menimbulkan rasa sakit pada gigi. Juga bisa menyebabkan tekanan pada gigi yang berdekatan sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Apabila gigi graham tidak bisa tumbuh secara sempurna dapat menyebabkat bakteri tumbuh dan berkembang sehingga terjadi infeksi pada gusi dan struktur gusi lainnya. Karena gigi tersebut susah dibersihkan sehingga banyak makanan yang menyangkut di gigi.

8.    Gigi Miring
karena gigi tidak selaras dengan benar sehingga ketika kita mengunyah ada distribusi tekanan tidak merata. Dengan demikian bisa menyebabkan peradangan pada syaraf gigi.


9.    Perawatan Kawat Gigi
Perawatan kawat gigi atau ortodontik pemasangan dan pelepasan kawat gigi ini sangat sulit sehingga membutuhkan dokter spesialis untuk melakukannya. Kawat gigi ini dapat menyebabkan sakit dalam waktu singkan saat disesuaikan.

10. Adanya Masalah Diluar Gigi
Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh masalah yang tidak berhubungan dengan gigi dan rahang. Seperti terjadinya infeksi sinus atau sinitisis, tekanan dari sinus dapat menyebabkan sakit gigi bagian atas karena letak sinus yang dekat  dengan gigi.

Setelah anda tau penyebabnya selanjutnya akan dibahas cara mengobatinya Obat Sakit Gigi Secara Alami Dan Ampuh


Semoga bermanfaat dan trimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Terjadinya Sakit Gigi Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar